Thursday, April 30, 2020

Cara Membuat STR Dokter Spesialis

Selamat sudah sampai di tahap ini, artinya para TS (teman sejawat) semua sudah one step closer untuk berpraktek. Sebenarnya cara membuat STR ini (setelah dijalani) keseluruhan proses onlinenya sangat mudah, namun tetap saja di awal-awal bingung mau mulai dari mana dulu.
Ini adalah panduan dari KKI versi lengkap namun jika anda tidak punya cukup waktu banyak untuk membacanya, mari saya ringkaskan di tulisan ini.  Semua dilakukan dengan cara ONLINE dan gak pakai ngirim-ngirim dokumen via pos lagi.












Pertama, anda harus mengisi dan mengaktifkan IDIonline serta mengisi kelengkapan di dalam web tersebut. Ini part penting karena nanti ada bagian di dalam idionline yang meminta anda memasukkan nomer sertifikat kompetensi (Serkomp). Nomer ini akan melink dengan isian KKI kita nanti sehingga tidak boleh salah tulis baik angka, huruf besar, maupun titik koma dan spasi.

Kedua, anda harus membuat akun di KKI.
Ketiga, jika setalah punya akun KKI dan memasukkan nomer serkomp ternyata muncul begini, anda tidak sendiri. Ulangi lagi prosesnya dan pastikan idionline sudah dilengkapi datanya.


Keempat, jika sudah berhasil maka untuk STR Dokter Spesialis pilih yang STR Peningkatan Kompetensi.

    
Kelima, jika sudah berhasil maka part pertama adalah mengisi kelengkapan informasi pribadi, alamat, pendidikan dan tempat praktek. Detailnya ada di KKI versi lengkap. Nah jangan lupa pas di bagian informasi nomer 5 nanti akan ada KODE BERKAS, dicatat ya karena akan berguna saat cek status sudah sampai mana berkas kita nantinya.  






Keenam, tujuh dan delapan adalah mengupload berkas-berkas. Ada baiknya berkas ini disiapkan semuanya dalam ukuran max 500kb. Berikut yang harus disiapkan ada 9 item

                                                              
Berikut contoh surat pernyataan tidak menggunakan STR lama dan surat etika profesi yang keduanya WAJIB diberikan materai.


Terakhir, jika sudah dapat ini maka tunggulah kode billing pembayaran masuk ke dalam email anda. Kode billing dapat dibayarkan lewat ATM maupun online atau datang ke bank (apapun) langsung yak. Jika sudah bayar 300 ribu melalui kode billing maka anda tidak akan mendapat email lagi ya terkait sudah kelar tidaknya STR.

Anda dapat mengecek status STR yang diproses 7 hari di website KKI. Jika sudah sampai di kantor pos pusat sesuai dengan alamat yang anda tuliskan di website KKI, maka anda dapat menuju ke kantor pos untuk mengambilnya. Nah contohnya begini



Selamat mencoba dan memulai. Bahwa setelah STR akan masih ada beberapa tahapan surat menyurat lainnya. Semangat TS


Salam
Avis

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...