Saturday, January 21, 2023

Step by Step IBCLC #Indonesia (Part1)



Saat menuliskan ini saya masih dalam proses menuju IBCLC. Setiap stepnya mulai dari persiapan sampai dengan ujian ternyata lumayan panjang, sayang rasanya jika tidak dituliskan karena terkadang tidak mudah untuk menjelaskan satu persatu langkahnya. Mungkin sebagian mengira IBCLC ini "hanya sekadar" ujian, padahal setelah dijalani ini "benar-benar ujian". Selayaknya ujian, maka bisa lulus atau bisa tidak lulus. Jadi ada baiknya bagi yang nyasar ke blog ini dan memang lagi berniat menjadi IBCLC maka benar-benar mempersiapkan diri supaya bisa langsung lulus di percobaan pertama. 



Apa sih IBCLC
IBCLC adalah sertifikasi internasional dalam bidang laktasi.  Bukan hanya sekadar konselor ASI saja tapi karena ini sertifikasi internasional maka bisa dipakai di seluruh negara dan ilmu dasarnya sama. Akun resminya disini ya.


Yes, ngurusin nenen-menenenin. Ih cuma sekadar nenen aja kok ribet banget sampai harus ikut ujian segala? Karena memang menyusui itu tidak semua membalikkan telapak tangan Ferguso! Mulai dari rasa gak PD payudara bakal ngalir lancar, puting lecet sampai berdarah-darah, bayi susah ngenyot, bayi kenal selingkuhan dot terus jadi bingung puting, ASI ibu tetiba macet gak keluar sama sekali, ibu pernah operasi payudara, payudara bengkak sampai mastitis bahkan bernanah, sampai ibu stres karena menyusui, semua itu ada di sekitar kita. Tidak banyak yang aware atau membantu sampai tuntas, walhasil yang seharusnya bisa menyusui dengan baik tanpa rasa sakit akhirnya menyerah di tengah jalan. 


Dengan menjalani proses sertifikasi IBCLC sebenarnya mau tidak mau dipaksa lagi belajar lebih banyak tentang ilmu menyusui, buka lagi beberapa buku menyusui, belajar soal-soal kayak orang mau ujian UNAS. 


Siapa aja yang boleh ikutan?
IBCLC boleh diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan (misal dokter, dokter anak, kandungan, perawat, bidan, ahli nutrisi, dan berbagai gelar lain dalam kesehatan). Semua dengan titel tenaga kesehatan boleh ikut asalkan memenuhi syarat ujian.


Jalur ujiannya apa aja?
Sebenarnya ada 3 jalur atau pathyway yang bisa digunakan. Yaitu jalur 1, 2, dan 3. Perbedaannya bisa dilihat di sini  . Jalur yang umumnya ditempuh oleh kami yang lagi berjibaku menuju IBCLC tentu saja jalur pertama. 


Apa saja syarat jalur 1? 

Detailnya ada di buku panduan ini ya.
1.     Praktek klinis selama 1000 jam (dalam 5 th terakhir)

Untuk bisa tahu berapa banyak waktu yang kita habiskan dalam dunia laktasi ini maka sudah disediakan oleh tim IBCLE form kalkulator yang bisa diisi di web ibclc. 

2.     Sertifikat pelatihan yang berhubungan dengan menyusui sebanyak 90jam+5 jam komunikasi (dalam 5 tahun terakhir) 

Di Indonesia beberapa centre mengadakan pelatihan menyusui yang ada tertera jam pelatihan dan dapat dihitung sebagai syarat untuk daftar IBCLC. 

Misalnya saja dengan mengikuti pelatihan konselor menyusui 40 jam WHO dari perinasia, pelatihan manajemen laktasi (perinasia), pelatihan lain asal berhubungan dengan Kesehatan ibu dan bayi juga dapat digunakan (misal resusitasi bayi, pelatihan MPASI bayi, dll). Untuk mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut tentu harus mempersiapkan waktu dan juga modal yang tidak sedikit ya. 
 
Jika belum sempat atau ketinggalan jadwal pelatihan yang ada di Indonesia, jangan khawatir karena kita bisa mengejar jam modul itu dari pelatihan luar negeri secara online (resmi dapat sertifikat dan ada tulisan jam pelatihan). 
 
Di sini beberapa website yang dapat digunakan untuk berburu pelatihan jam laktasi demi melengkapi syarat daftar IBCLC
 
Gold Lactation website

Gold lactation juga rutin menggelar kegiatan tahunan yang bertabur jam laktasi. 

Lactation Academy

Misal saja pelatihan 95 jam menyusui (sudah termasuk di dalamnya 5 jam komunikasi efektif) biasanya diselenggarakan setahun sekali. Tahun 2022 kemarin sekitar bulan September dibuka dan sekitar 200 USD (kalau daftar rombongan), detail daftar disini ya. 

Pastikan jika ingin ikut juga bergabung di komunitas IBCLC Indonesia supaya bisa daftar barengan dan dapat diskon. Lumayan lah untuk ukuran dolar. 
 

Lactation Training (dikenal dengan LER alias Lactation Education Resources)

Di sini semua ada mulai dari pelatihan komunikasi efektif 5 jam, modul tuk 90jam lebih, bahkan latian soal-soal IBCLC. Dari segi harga lumayan lah karena dalam dolar.  

Kok banyak banget syaratnya
 
Yes, begitulah. Seperti judulnya maka di bagian awal ini adalah di balik layar persiapan syarat yang memang tidak bisa simsalabim bisa selesai. 
 
Kapan saja ujian IBCLC dibuka
Karena ujiannya itu diselenggarakan serentak se-dunia maka dalam setahun hanya ada dua kali waktu ujian yaitu berkisar antara bulan Maret dan September setiap tahunnya. Penutupan pendaftaran biasanya dilakukan 3 bulan sebelum ujian.


 
Di sini saya sertakan contoh ujian untuk yang 8-17 Maret 2023 ini di mana pendaftarannya dibuka sejak 19 Oktober-1 Desember 2022. 
 
Ujian bisa secara langsung datang ke Prometric Testing Centre (untuk Indonesia ada di Gedung IIEF Jakarta) atau secara online dari kediaman masing-masing (LRP/Live Remote Proctoring)
 
Bayar Gak Ujiannya?
Tentu saja ferguso. Syarat-syarat menuju daftar aja udah ribet, tentu saja ujiannya tidak gratis. Dibayar dalam bentuk dolar dan secara online menggunakan CC (kartu kredit). Pakai debet tidak bisa ya. Harga sekitar 400 USD. 


Nah jika sudah siap dan lengkap syaratnya maka jangan ragu-ragu nyicil bikin akun untuk ujian IBCLC ya :)


Salam, 
Avis


1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...