Wednesday, February 22, 2023

How to be IBCLC (part 2)

 Tulisan ini sambungan dari pendahuluan yang pertama ya. Part ini nanti akan masuk cara bikin akun IBCLC di web resmi mereka. Sudah boleh nyicil bikin dari awal ya tuk data diri. 



Jika sudah lengkap semua persyaratan maka bisa langsung mendaftarkan diri ikut ujian IBCLC melalui akun yang sudah dibuat. 

Jadi sebelum mengisi bagian daftar ini mau tidak mau harus memperisapkan semua syarat dan sudah menghitung detail terkait jam praktek dan juga jam pelatihan laktasi. 

Di bawah contoh website pendaftaran IBCLC. Hanya digunakan jika memilih jalur pertama ya. Ada 3 jalur (bisa baca di tulisan sebelum ini



Pilih bagian jalur 1 dulu




Klik lengkap dan isi sesuai data




Diisi sesuai yang sudah dijalani misal berapa jam laktasi dan berapa jam pelatihan terkait laktasi
Bagaian yang komunikasi skill juga diisi sesuai dengan yang sudah diikuti ya




Diklik lanjutannya dan dipilih mau ikut ujian datang ke kota (terst centre) atau dari rumah pakai online (LRP). Kedua hal tersebut ada plus minusnya. Saya di ujian Maret 2023 ini memilih ujian di test centre Jakarta ya. 




Jika sudah yakin maka tinggal dilanjutkan klik dan isian di atas




Jika sudah maka bagian akhir adalah payment 400 USD dengan CC (ini bisa dg nama CC orang lain jika tidak punya CC)

Cara menghitung jam laktasi bisa dilakukan dengan kalkulator di sini ya 

 

Cara menghitung jumlah jam sertifikat pelatihan masih manual dikumpulin sampai mencapai jumlah jam yang ada di persyaratan IBCLC. Jika pendaftaran sudah benar, maka akan LANGSUNG dapat email dari IBCLE team terkait kita diminta untuk daftar ulang alias pilih tanggal ujian. Lebih cepat memilih tanggal maka akan lebih baik karena ini ujiannya internasional jadi untuk ujian di rentang Maret 2023 ini mereka buka tanggal antara 8-17 Maret jadi lihat di jadwal mana kita bisa dan klik. Bagian ini tricky karena tidak semua jadwal yang kita mau akan ada ya.  Saya sendiri sempat menunda "milih tanggal" dan kaget pas udah semingguan nunda, dan buka tanggal ternyata yang sisa tinggal dikit banget tanggalnya. Akhirnya saya milih tanggal yang ada aja, bukan yang dari awal saya rencanain pengin di tanggal itu. So, pilih secepatnya tanggal yang dimau ya :)


Cara pengisian memilih tanggal ini sangat tricky (karena kalau salah kita gak dapat kiriman email konfirmasi), jadi nanti saya jelasin di part berikutnya ya :)


Gudlak yang lagi berjuang IBCLC

:)


Avis

 





1 comment:

  1. Halo dok, dari request exam kita di accept hingga pengumuman jadwal ujian kira2 berapa lama ya dok?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...