Tuesday, June 6, 2023

Tip and Tricks IBCLC (Buku dan Web apa aja) (Part 5)

Hi semua, tulisan ini lagi-lagi saya buat karena banyak yang nanya apa aja yang harus dipelajari, apa dan bagaimana IBCLC itu. Ini kayak dejavu pas zaman LPDP PPDS dulu sampai gimana saya masuk PPDS Anak UGM. Banyak yang nanya dan saya gak sanggup balesin detail satu persatu jadi saya bikin tulisan. So, tulisan tentang IBCLC ini muncul karena saya merasa tuk mendapatkan semua info yang saya tulis ini, saya harus menyelam, nanya banyak senior, bayar banyak website, dan mungkin gak semua orang bisa dapat hal itu jadi tulisan ini murni tuk amal jariyah jika bisa membantu banyak orang di luar sana yang ingin mendidikasikan hidupnya untuk membantu ibu menyusui sehingga lebih banyak anak Indonesia yang sehat. 


Well, kita mulai yah. Bismillahirrahmanirrahim. 


Kalau udah nyampe sini artinya ada sebercik niat tuk belajar cara dan detail-detail lainnya untuk ngejar IBCLC. Apa itu IBCLC bisa dibaca di bagian pendahuluan ini ya. Diclaimer, tulisan ini murni dari yang saya lakukan ketika menyiapkan IBCLC yah. Kalau dilihat, ih kok ribet banget, kok semua link luar negeri diikuti padahal bayar mahal-mahal, ih masa belajar tiap hari. Well, that is what I called "process". Sebelum sampai di tahapan ini, saya banyak nanya ke orang-orang yang udah duluan ujian IBCLC dan ada yang belajar "lebih" daripada saya, tapi ada juga yang "biasa" aja tapi lulus. Nah, misteri lulus ini yang sampai sekarang belum terpecahkan sebenarnya. 


Saat membuat tulisan ini, saya masih menunggu hasil kelulusan yang pada periode ujian Maret 2023 ini benar-benar 12 minggu setelah ujian baru akan muncul hasilnya. Periode sebelumnya, IBCLE (organisasi yang bikin IBCLC) ini masih kasih rentang 10-12 minggu. Nah yang periode terakhir saya ini, benar-benar yang 12 minggu. So, hari-hari di minggu ini saya dan teman-teman seperjuangan masih dihantui karena belum tahu hasilnya. 


So, langsung ke apa aja yang saya baca dan pakai saat belajar kemarin. 

1. Buku handout 

Buku latihan soal yang terkenal jelas karangan Linda Smith yang isinya contoh-contoh soal IBCLC. Saat ini edisi yang ke-5 sudah keluar versi online tuk info. Saya gak tau bedanya ama yang edisi 3 dan 4 karena yang edisi 5 ini akhirnya gak saya "beli". Saya belajar linda 3 dan 4 diulang-ulang dan isinya lebih lengkap yang edisi 4 (ditambahkan beberapa kasus). 


Altas breastfeeding karangan Barbara yang saat ini keluar edisi baru yang ke-7 (2023). Ini buku bagus banget tuk punya karena gambarnya bisa dipakai saat praktek keseharian kalau bantu pasien di bidang laktasi. Biasanya kalau yang dari Indonesia, kita nitip beli rombongan biar harga kirimnya gak mahal banget. I love this book :)


Breastfeeding Human Lactation (buku ini biasanya di kalangan laktasi disingkat jadi BHL, terkenal dengan BHL dari Wambach). Ini buku tebel banget mirip kayak atlas Dorlan zaman S1 kedokteran. Saya bacanya edisi 6 (2021) kalau pas bahas kasus, terus baru dibuka partnya di BHL. Misal ada soal ibu menyusui dan rokok, baru dilihat si cafein dan tatalaksananya bagaimana di buku ini. Isinya bagus, tapi biasanya gak akan punya banyak waktu untuk baca total. ukan yang tuk dibaca total karena tebelnya. 


Hale Medication and Mother Milk (buku ini dikenal dengan Hale Farmasi). Isinya obat dari A-Z terkait cara kerjanya di ASI. Mirip ama BHL, buku ini tebel banget dan dipakai kalau lagi belajar soal dan kita penasaran misal alkohol dan nikotin berapa jam sih dieliminir dari si ibu kalau lagi menyusui. Karena IBCLC ini memang internasional jadi kasus ibu alkohol dan merokok sangat umum banget,bahkan beberapa ibu yang ganja (canabis). Mau gak mau harus tahu juga walau misal di kehidupan nyata jarang ketemu kasusnya. 

Breastfeeding Profession dari Lawrence menemani karena waktu ikutan LER banyak banget sumber dari Lawrence. 


2. Website 

Kalau bingung kok banyak banget yang dipelajari, nah bisa skip dan cukup ikutan gratisan di website yang sudah merangkum semua aspek laktasi dari semua buku di atas. Salah satu website yang menemani saya sampai akhir belajar karena dia seperti rangkuman dari semua buku tebal itu. Dia mulai nulis dari November 2022 tentang kolostrum dan sampai saya nulis ini dia masih nulis. Keren banget kan. Ini websitenya The Lactation College. Ikut yang gratisan aja udah cukup asal semua materi dia dibaca, kalau perlu diprint. 


Website lactationtraining atau biasanya dikenal sebagai LER. Dia punya yutub yang biasanya ada gratisan ikut dengar kisi-kisi apa aja yang keluar di IBCLC, nanti bisa dicari sendiri ya. LER ini punya program macem-macem. Saya ambil yang enriched tuk belajar soal-soal dan juga dapat materinya, dulu harganya 199 usd. Soal-soal di LER ada hampir 558 yang bisa diulang kapan aja dan terpenting ada pembahasannya . Enaknya lagi kalau gak mudeng atau selisih paham kita bisa nanya langsung dan dijawab cepet banget ama tim mereka. Paket enriched biasanya bisa diakses 6bulan aja. LER juga punya facebook yang aktif bisa tanya jawab di LER IBLCE Exam Candidates 




Contoh isian Enriched 




Ada materi yang bisa dibaca dan ditonton videonya



Tiap abis ngerjain soal juga bisa lihat progresnya kayak di atas, tentu saja di awalan skor gak sampai 70 persen ya. Setelah diulang-ulang sambil diskusi sama tim LER, bisa naik. 


Website goldlearning yang bisa kasih kesempatan dapatin 95 jam plus 5jam komunikasi sebagai syarat daftar IBCLC. Sebenarnya gak perlu ikutan ini juga bisa, asal telaten ngumpulin CERP kalau di sini SKP seminar yang sejenis sejalan ama laktasi. Mirip sama LER cuma bedanya di sini ada sertifikat 95jam tapi gak ada latihan soal. Si LER juga punya yang 95jam mirip ini tapi lebih mahal. 


Ada hampir 15 modul yang mana tiap modul ada pertanyaan yang harus dijawab BENAR karena kalau gak dia gak maju ke step berikutnya. 

Mereka punya facebook di Lactation Training & IBCLC Exam Study by GOLD Lactation Academy


Di luar ini sebenarnya masih buanyak banget website senada yang menawarkan senada ya,misal HEL, Marie, masterclass, IABLE, dan lain-lain yang saya cuma mantengin tapi gak sempet ikutan karena too much hahaha. 


3. Facebook 

FB ini hanya tuk mencari grup belajar internasional. Dulu saya ikutan yang IBCLC March 2023 Candidates Study Group dan mereka rutin bikin belajar bareng tiap Kamis malam amerika, dan Jumat pagi waktu lagi praktek. Mereka ini bekelnya lebih ngeri dari buku dan website yang saya tulis di atas. Gak bahas soal tapi belajar beneran bahas outline IBCLC. 

Biasanya tiap akan ujian selalu muncul grup senada. Tinggal nanti ikuti aja yang dirasa nyaman. 

4. Friends yang sealiran

Bikin grup belajar ama temen, gak harus banyak. Bisa punya tandem atau temen yang rutin belajar bareng misal hanya 1 orang pun itu udah seneng banget karena kita gak akan merasa sendiri saat ujian nanti. 



Nah ini para kawan seperjuangan yang ndilalah ujian bareng di tempat dan waktu yang bareng


Selamat belajar ya kawan
Sampai sini dulu 


PS: Alhamdulillah saya lulus di ujian kali ini (hasil keluar tanggal 12 Juni 2023)

-Avis-


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...