Tuesday, August 15, 2023

PERLU IKUT PRACTICE EXAM IBCLC GAK? (PART 7)

Hai semua...di bagian ini saya akan bahas yang sering ditanya: Apakah perlu tuk ikutan sampai segitunya ujian IBCLC sampai ngambil paket ujian berjudul Practice Exam. 


Buat yang belum tahu apa itu PE maka bisa main ke sini. Secara garis besar, ujian PE ini memberikan sensasi untuk yang penasaran bagaimana sebenarnya saat ujian IBCLC yang sesungguhnya nanti. Hanya saja si PE ini berbayar gaes, 50 usd alias hampir 750 ribu. Jujurly ini lumayan yah. 


Baiklah karena saya sudah menjalani ujian PE ini dan ujian IBCLC yang sesungguhnya maka saya bisa kasih simpulan jika ada duit maka boleh aja coba ngambil PE ini. Namun PE pada dasarnya tidak terlalu mirip dengan ujian di realitias IBCLC. Jika ada yang pernah belajar tipe soal linda yang panjang atau soal LER yang tricky maka soal di PE ini lebih pendek-pendek secara tata bahasa dan lebih to the point. Misal kayak nanya ini hormon apa yang dimaksud, ini gambar apa. Yang mana di ujian nyata semua soalnya tricky dan muter-muter dulu. Hahaha 


Saat saya ujian di Maret 2023 kemarin, saya ambil PE tidak mendekati hari ujian. Jadi PE itu bebas boleh diambil kapan saja ya. Hanya saja kebanyakan orang luar negeri (temen belajar saya yang dari luar negeri periode ini) ngambil PE 1-2 minggu sebelum jadwal ujian asli IBCLC mereka. Tentu aja alasannya mereka mau tahu kemampuan belajar mereka udah mumpuni untuk ujian yang sesungguhnya atau bukan. Kalau saya zaman dulu ngambil PE karena penasaran aja jadi sebulan sebelum hari H saya udah ngambil PE. Hasilnya saat itu skor saya ada diatas 70 persen passing grade. Penilaiannya juga sama kayak ujian IBCLC yang asli. Saking samanya, di penilaian kita gak dikasih tahu di soal mana yang jawaban salah. Sama lah absurdnya kayak ujian asli. Bahkan di tim belajar saya kemarin ada beberapa yang ambil PE dan setelah kita diskusi soal sebanyak 100 biji yang memakan waktu hampir 2jam 20 menit itu dari sekian yang ikutan PE adalah SAMA. Hanya kadang jawaban ABCD nya yang diacak. Dan di PE juga ada soal cerita super panjang di akhir-akhir dari 100 soal (sekitar 5 soal terbawah) yang mana pas saya ujian PE saya gak ngerti bakal dapat soal begono. Secara waktu udah mau habis karena terlalu sibuk ngisi dan mikir lama di soal sebelum ini. Akhirnya di soal cerita panjang ini saya gak bisa baca lengkap soal ceritanya, hanya bisa jump langsung ke pertanyaan baru balik lagi ke soal cerita panjang. WELL, kenyataannya di ujian NYATA soal model begitu tidak SEPANJANG yang ada di PE saudara-saudara. 


Jadi bagi yang masih galau mau ikut tidak PE, tidak perlu galau lagi yah. Ini hukumnya sunah aja karena memang secara budgeting lumayan mahal yah. Uniknya lagi dari 100 soal PE itu tidak ada sebiji pun yang menyerempet apalagi sama dibandingkan ujian nyata. Yah, namanya aja simulasi yah. Dan saya rasa soal PE tahun ini pun masih sama aja dengan zaman saya. 


Sukses ya

Avis 



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...