Sunday, July 12, 2015

Tips Biar Lolos Masuk Fakultas Kedokteran

Saat mendekati detik-detik ujian masuk perguruan tinggi maka kotak email di jejaring sosial saya akan penuh dengan pertanyaan "Bagaiamana caranya masuk fakultas kedokteran?". Semakin tahun, pendaftar yang memilih fakultas kedokteran sebagai bidang studi bukannya semakin berkurang malah terus bertambah. Padahal gosip mahalnya biaya pendidikan kedokteran terus saja santer terdengar. Bukan hanya puluhan juta malah bahkan ada yang ratusan juta. Entah darimana gosip tersebut terus berkembang hingga muncul pemikiran tersendiri bahwa hanya orang kaya saja yang bisa masuk ke fakultas bergengsi tersebut.

Terlepas dari berbagai pemikiran di atas, kerap kali saya selalu menanyakan kembali kepada calon mahasiswa tersebut, "Kenapa ingin jadi dokter?". Pertanyaan sederhana yang membuat mereka berpikir bahwa menjadi dokter bukan sekadar gaya-gayaan masuk ke fakultas bergengsi atau sekadar membanggakan orang tua. Bukan itu. Menjadi dokter adalah panggilan jiwa yang tidak hanya membutuhkan hati yang bersih tetapi juga otak yang mumpuni. Menjadi dokter bukan sekadar sanggup membayar "uang masuk" namun juga harus kuat "isi otaknya" bersaing secara sehat dengan pelajar hebat lainnya.


Bahwa benar Indonesia hingga saat ini masih membutuhkan dokter karena total jumlah dokter hanya 110.000 dengan rasio 1:3.000 penduduk*. Namun bukan berarti 72 fakultas kedokteran yang ada di Indonesia harus selalu diserbu peminat hanya karena negeri kita masih butuh dokter. Apalah arti banyak fakultas kedokteran jika lulusan dokter terus berkurang mutunya karena "isi otak" yang kurang dibandingkan "isi dompet". Isi otak dan isi hati berperan penting dalam pembelajaran menjadi dokter yang handal karena perjalanan menjadi dokter bukan perjalanan singkat seperti fakultas lain. Wajar kiranya karena dokter berhadapan dengan manusia yang mempunyai hati juga. Kesembuhan tidak saja bergantung dari kepintaran seorang dokter tetapi ditunjang oleh etika dan tata krama seorang dokter menghadapi pasien. Dua hal inilah yang sekiranya perlu dipikirkan ulang oleh calon mahasiswa kedokteran.



Sudah siapkah menghabiskan waktu minimal enam tahun untuk selalu belajar, jatah tidur berkurang bahkan mental diuji selalu karena berhadapan dengan pasien gawat? Sudah siapkah mengurangi jatah bermain dan hidup enak? Bahkan jauh perlu dipikirkan jika menjadi dokter karena tulus mengabdikan diri, sudah siapkah bekerja di daerah terpelosok dan bukan hanya menjadi dokter di perkotaan? Jika anda berpikir hidup menjadi dokter itu bergelimang harta karena pasiennya banyak, maka anda saya sarankan untuk berpindah haluan dari awal. Banyak hal sebenarnya yang harus dipikirkan ulang ketika ingin menjadi dokter. Bukan hanya karena dipaksa orang tua yang ingin anaknya menjadi dokter. Jangan sampai sudah masuk namun keluar lagi lantaran "otak" dan "mental" yang tidak kuat. Hal ini jujur saya alami ketika melihat teman seperjuangan yang akhirnya memutuskan keluar dari fakultas kedokteran di tahun kedua hanya karena dua alasan tersebut. Jika beragam pertanyaan tadi sudah dapat dijawab maka saya dengan bangga mempersilahkan adik-adik mendaftarkan diri ke fakultas kedokteran.


Adapun menjawab berbagai gosip mahalnya biaya pendidikan kedokteran maka saya bagikan tips sukses masuk fakultas kedokteran.

1. Belajar sangat rajin dan berdoa tiada henti serta selalu mohon restu orang tua. Melewati passing grade fakultas kedokteran suatu universitas bukan hal mudah apalagi harus bersaing dengan pelajar hebat se-Indonesia sehingga butuh belajar luar biasa. Buktikan otak anda memang pantas untuk menerima ilmu kedokteran.

2. Uji coba hasil belajar anda sebanyak mungkin dengan makin sering mengikuti try out dengan beragam pilihan fakultas kedokteran dari beragam universitas.

3. Cari info sebanyak mungkin tentang fakultaas kedokteran yang ingin dimasuki termasuk rangkaian ujian menuju kesana. Jika lolos melalui SMPTN maka lebih baik. Jangan mudah menyerah dan percaya begitu saja "kata orang" terkait pembiayaan masuk di suatu fakultas kedokteran. Semua hal terkait biaya masuk dan SPP dapat ditanyakan melalui nomer telepon fakultas yang bersangkutan.

4. Siapkan mental ketika mendapatkan pengumuman tidak lolos ke Fakultas Kedokteran suatu Universitas Negeri. Buka hati dan cari kembali informasi terkait "Ujian Masuk Khusus" di setiap universitas karena hampir sebagian besar universitas membuka jalur "khusus". Jangan mudah percaya ketika ada gosip "uang masuk sangat mahal" sebelum anda benar-benar mengecek kebenarannya. Bahkan kalau perlu main langsung ke universitas yang dicita-citakan agar mendapatkan informasi yang benar.

5. Jangan senang dulu ketika sudah lolos ujian masuk khusus karena setelah itu akan ada uji kesehatan, wawancara dan psikotest. Persiapkan bekal berupa beragam sertifikat keahlianmu agar mendapat nilai plus ketika menjalani serangkaian tes lanjutan tersebut. Dan yang terakhir...tidak menjadi dokter bukan berarti dunia runtuh dan enggan melanjutkan kuliah.

Tetap lanjutkan hidup anda dan timbalah ilmu lain. Jika anda memang sangat ingin dan harus menjadi dokter maka coba lagi ujian tahun berikutnya namun pasang target bahwa anda tidak boleh membuang waktu lebih dari dua tahun hanya karena harus menjadi dokter. Pikirkan total waktu yang harus dihabiskan untuk belajar menjadi dokter dapat mencapai 10 tahun ditambah masa penantian anda. Jurusan sukses bukan halkedokteran karena di luar sana masih banyak jurusan yang menjanjikan kehidupan lebih baik dan nyaman dibandingkan menjadi seorang dokter.


Satu hal lagi, anda tidak mungkin menjadi kaya dengan menjadi dokter! Anda menjadi kaya karena anda menghargai orang lain dan itu dapat anda lakukan di semua fakultas!

Saya pribadi zaman kuliah dulu berjuang hampir 7,5 tahun untuk menjadi dokter karena berprinsip "lebih lama, lebih baik". Lebih banyak belajar bersama pasien membuat hati terasah dan lebih dapat menghargai perbedaan ketika nantinya benar-benar terjun di lapangan. Setelahnya saya bekerja di berbagai daerah pedalaman mulai dari Sumba, Kalimantan Timur, Tosari Bromo sampai Timika Papua. Alhamdulillah saat ini saya diberi kesempatan sekolah lagi menjadi residen spesialis Anak di Universitas Gadjah Mada.


Tulisan ini pertama kali published di Kompasiana

6 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete
  2. luar biasa. Tapi butuh biaya berapa ya dok untuk masuk kedoteran?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum dokter, ingin bertanya. Apalagi dokter pernah mengalami masa masa sulit Dan rasanya ingin menyerah karena hasil yang sering tidak sesuai harapan? Sering jatuh berkali2. Lalu bagaimana dokter mengatasinya? Bagaimana cara dokter dulu ungu terus maju pantang menyerah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang pasti pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya, boleh jadi masa itu saat berada pada jenjang pendidikan dokter. Tidak perlu dipaksakan, jika lelah dan penat kita boleh istirahat sejenak, asal selalu ingat kalau "orang yang sukses itu adalah orang yang berhasil menyelesaikan apa yang telah dimulainya". So, jika sudah dikasih kesempatan berhasil masuk FK, maka selesaikan dengan sebaik-baiknya lulus. Ada banyak lantunan doa dari keluarga yang berharap atas kesuksesan anda.

      Delete
  4. Saya ingin menjadi seorang doctor😌😢

    ReplyDelete
  5. isi artikel yang bagus dan informatif. selain itu ada banyak jalur masuk kedokteran melalui web berikut: http://news.unair.ac.id/2022/02/20/dekan-ada-7-jalur-masuk-fk-unair/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...